Advertisement

Main Ad

Olimpiade Ekonomi Syariah

Forum Ekonomi Syariah (FOREKS)  menyelenggarakan perhelatan Olimpiade Ekonomi Syariah tingkat SMA, SMK dan sederajat, kamis (29/5) yang diselenggarakan di Universitas Islam ‘45’ Bekasi.

Ketua FOREKS Dimas Hasta S menyampaikan “acara ini diikuti oleh SMA dan SMK se-Kota dan Kabupaten Bekasi yang terdiri dari seminar dan 3 lomba yaitu lomba cerdas cermat ekonomi syariah, cerpen dan musikalisasi puisi.”

Acara ini dibuka dengan Seminar Ekonomi Syariah yang bertemakan tentang “Urgensi Ekonomi Syariah” yang diisi dari akademisi ekonomi syariah dan dari akvitis linkungan hidup. Seminar ini bertujuan untuk mengenalkan pentingnya pengetahuan tentang ekonomi terutama yang berbasis syariah dan hubungannya tentang menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar kita. Pembicara dari akademisi yang disampaikan oleh ibu Isfandayani,M.Si, dosen dan juga merupakan Ketua Program Studi (Kaprodi) Perbankan Syariah beliau menyampaikan konsep ekonomi islam dari segi teori khususnya teori tentang perbankan syariah, karakteristik yang terdapat dalam sistem ekonomi syariah adalah yang berpijak pada dasar dan asas yang tetap yaitu Al-Qur’an dan Sunnah, Fleksibel, memenuhi tuntutan dunia akhirat, memiliki dasar tanggung jawab, Rahmatan lil alamin, 

Keselarasan antara kehidupan dengan pemeliharaan alam. Pembicara kedua diisi oleh praktisi ekonomi syariah Bapak Syahril T Alam, Direktur BPRS Patriot ini menyampaikan para akademisi dan praktisi ekonomi syariah harus menjadi pengedar,pemakai dan bandar keuangan islam jika ingin maju ekonomi Islamnya baik dari tataran perbankan syariahnya dan masyarakat, khususnya perbankan syariah untuk maju atau berkembang. Setelahnya disampaikan oleh Ibu Indah Kurniati yang juga menjabat sebagai salah satu manajer  di Bank Muamalat Indonesia yang menyampaikan bahwasanya seorang ekonom Islam harus memiliki soft skill yang memadai terutama pada sifat tabligh,sidiq,amanah,fatonah. Dan terakhir diisi oleh praktisi linkungan hidup yang tergabung dalam sebuah Aliansi Lingkungan Hidup Indonesia (ALHINDO) Bapak Zoel F Lubis menyampaikan seluruh kegiatan ekonomi hendaknya tidak merugikan lingkungan, dan ini hanya bisa dilaksanakan oleh orang orang yang sudah paham ekonomi islam dengan baik.

Seminar ini diikuti oleh dari kalangan mahasiswa, guru dan dosen se kota dan kabupaten bekasi. Disela – sela acara ini terdapat pemberian doorprize seminar oleh  BPRS Patriot kepada para peserta seminar, dan hadiah tersebut langsung diberikan oleh Dirut BPR Syariah Pariot bapak Syahril T Alam, doorprize tabungan syariah dengan total 1,500,000 kepada 4 orang. Dan selesai seminar terdapat selingan acara pemberian beasiswa kepada beberapa mahasiswa unisma yang telah diseleksi, dari bank Permata Syariah dengan total 50 juta, dengan 2,000,000 per orang.

Pemberian beasiswa tersebut mendapat tanggapan yang positif dari berbagai kalangan terutama dari mahasiswa yang menerima beasiswa, “Alhamdulillah, Terbantu.” Ucap Syifa Fauzia sebagai salah satu penerima dana beasiswa, “Sangat bersyukur kepada Allah dan berterima kasih kepada pihak bank yang telah memberikan beasiswa sehingga bisa memberikan motivasi agar terus berprestasi di kuliah” Jawab Desi Anisa sebagai salah satu penerima beasiswa, “dengan adanya beasiswa ini saya harap bisa bermanfaat & mendukung untuk memenuhi kegiatan perkuliahan bagi diri saya dan orang lain yg membutuhkan dan terutama yang berprestasi. Karena dengan adanya beasiswa menjadi terbantu segala yang belum terrealisasi bagi mahasiswa, misalnya untuk keperluan bayaran semester, membeli buku, print tugas dan sebagainya. Saya harap beasiswa ini terus ada demi menunjang dan mendukung dalam dunia akademisi” Ungkap Tito Raharjo salah satu penerima beasiswa dari jurusan hukum syariah.

Setelah kegiatan seminar tersebut, dilanjutkan dengan lomba-lomba mengenai ekonomi syariah, lomba pertama yaitu lomba cerdas cermat ekonomi syariah, Dalam lomba ini menggunakan dua model yakni soal lemparan terdiri atas lima pertanyaan soal tiap tim dan soal rebutan terdiri 15 butir soal. Tentang materi soal, ada tiga pokok garis besar yakni konsep ekonomi Islam, akad-akad dalam ekonomi Islam dan lembaga keuangan syariah. Lomba ini dimenangkan oleh 3 juara yaitu tim 1 SMK Al-Bahri sebagai juara 1, juara ke 2 di raih oleh tim 2 dari SMK Al-Bahri dan untuk juara 3 di raih oleh SMK Al Bina Husada Mandiri.
Lomba Kedua yakni Musikalisasi Puisi, dalam lomba ini para peserta dituntut untuk dapat menyapaikan puisi-puisi mereka yang lantunkan dengan alunan musik sehingga dapat terlihat menarik dan dapat menjiwai makna dari puisi yang mereka sampaikan. Disela-sela lomba juga dimeriahkan oleh penampilan dari Sastra Kalimalang dan panitia pelaksana. Yang menjadi juri dalam lomba ini yakni Bapak Bambang Widiatmoko sebagai dosen bahasa Indonesia dan Bang Ane Matahari selaku budayawan Bekasi. Juara pada lomba ini ialah SMA Muhammadiyah 9 Bekasi sebagai juara 1 dan sebagai juara 2 adalah SMK Al-Bahri. Lomba ketiga yaitu cerpen, dalam lomba ini peserta membuat cerita mengenai ekonomi Islam. Disini para peserta mempresentasikan mengenai cerita yang mereka buat. Dan sebagai juaranya adalah Indah Novitasari dari SMAN 2 Cikarang menjadi juara 1,kemudian juara ke 2 Amalia Susanti dari SMK Al-Bahri,untuk juara ke 3 di raih oleh Hesti Nurrohmah dari SMK Al-Bahri
Acara ini mendapat statement positif dari beberapa pihak, seperti statement dari dosen UNISMA Bapak Purnama Putra, S.Akt, M.Si :
“Ekonomi syariah bukan hanya sebuah konsep namun harus sampai pada tataran implementasi dalam kehidupan. Pengenalan ekonomi syariah sejak dini secara praktis maupun teori sangatlah diperlukan agar hidup mendapat keberkaan dari Illahi, Olimpiade Ekonomi Islam salah satu kegiatan untuk memperkenalkan pergerakan ekonomi Islam dikalangan siswa, membangun nuansa ilmiah dan memperkuat persaudaraan dalam membangun ummat. Pertahankan, perluas jangkauan dan sebarkan keberkahan bagi ummat.”
Kegiatan ini selain didukung oleh kampus UNISMA sendiri, dan banyak didukung oleh perusahaan-perusahaan yang dengan sukarela membantu, seperti, Permata Bank yariah yang memberikan dana beawsiswa serta sebagai sponsor utama acara kami. Dan terdapat hadiah tambahan berupa benih pohon yang diberikan oleh ALHINDO. Dan terdapat pula media partner kami yang ikut membantu mensukseskan kegiatan ini, yaitu dari Berita Mandiri dan Radio Dakta, dengan bantu mempublish acara kami dalam media mereka. Radio dakta dengan siaranya dan Berita Mandiri dengan mempublikaskan  acara ini dalam surat kabarnya. Bantuan juga diberikan beberapa perusahaan yang turut membantu mensukseskan acara kami, seperti, Sucor Invest dan BPR Syariah Patriot.





Posting Komentar

0 Komentar