Advertisement

Main Ad

Arab Saudi Bukukan Pendapatan Zakat dan Pajak Sebesar 23,5 Miliar SAR

Kementrian Zakat dan pajak Saudi Arabia kemarin mengatakan bahwa pandapatan zakat dan pajak tahun 2012 meningkat sebesar 18% menjadi 23,5 Miliar SAR.

Kementrian menghubungkan adanya kenaikan penerimaan zakat dan pajak ini sebagai akibat dari tumbuhnya perekonomian Arab Saudi tahun lalu. “Penerapan Teknologi Informasi yang canggih dan upaya tidak lanjut yang dilakukan terus menerus juga menjadi alasan lain suksesnya penghimpunan zakat dan pajak di Negara tersebut.” Tambahnya. Penerimaan yang berasal dari zakat perdagangan pada tahun 2012 berhasil dibukukan sebesar lebih dari 11 Miliar SAR sedangkan pendapatan dari penghasilan kena pajak para perusahaan asing di Negara tersebut mencapai 12 Miliar SAR.

Kementrian Zakat dan Pajak memperkirakan asset potensial yang wajib dikenakan zakat sebesar 450 Miliar SAR, Mereka juga mengungkapkan rencananya untuk meningkatkan infrastruktur dengan membuka 5 kantor cabang baru di Jazan, Najran, Hail, Arar, dan Al-Jouf. Tidak hanya itu, Arab Saudi juga telah menandatangani 31 perjanjian dengan Negara-negara asing untuk upaya menghindari pajak berganda. Setelah berhasil membukukan penerimaan Zakat dan Pajak yang tinggi, Kementrian yang menghimpun dana Zakat dan Pajak ini mentrasfer dana tersebut ke Rekening milik Badan Moneter Harian Arab Saudi untuk kemudian didistribusikan kepada yang membutuhkan.

Sumber : http://www.ekonomisyariah.org/?page=newsview&command=detail&sheet=1&id1=662

Posting Komentar

0 Komentar